Saturday, May 20, 2006

Sistem Penguasaan

"Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan (nasib) suatu kaum sehingga mereka (telah lebih dulu) merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri," (QS:13:11).

Surah di atas menunjukkan bahwa apabila kita ingin merubah keadaan nasib bangsa kita, kita seharusnya merubah diri kita lebih dahulu. Surah ini-pun dapat diinterpretasikan bahwa apabila keadaan yang sudah sungguh sangat menekan pada suatu kaum, keadaan itu tidak akan berubah apabil kaum tersebut tidak mengambil keputusan untuk melakukan perubahan untuk mereka sendiri.

Tidak dapat dielakkan bahwa bangsa ini terlalu dimanjakan oleh alamnya, mereka akan selalu merasa berkecukupan dengan apa yang telah mereka miliki dan yang akan mereka dapatkan. Sementara di dunia luar, bangsa lain terus maju untuk pada suatu saat nanti mereka akan menjajah sendi-sendi ekonomi mereka.

Kaum ini membutuhkan seseorang ataupun satu kelompok orang yang secara luhur akan memimpin mereka untuk melaksanakan perubahan bagi mereka. Karena apabila kita hanya menunggu kaum yang terlelap ini untuk berubah dengan sendirinya, itu akan memakan waktu yang tak akan kunjung datang sampai pada akhirnya SDA dan aset-aset ekonomi mereka sudah hilang termakan zaman.

Bagi individu atau kelompok yang bersedia membimbing dan memimpin mereka ini, diperlukan bagi mereka suatu sistem yang kokoh agar tidak tertembus dari luar maupun rontok dari dalam. Sistem ini terdiri dari empat buah sektor, pertama adalah penguasaan SDA, kedua penguasaan aset-aset ekonomi, ketiga penguasaan sektor informasi, keempat dan terakhir adalah penguasaan sektor-sektor hukum dan politik.

Penguasaan SDA dan aset-aset ekonomi adalah syarat awal tapi sayangnya paling sulit untuk dapat terkuasai, karena dibutuhkan penguasaan modal yang tidak kecil. Karena apabila kedua-nya telah terkuasai, bukan tidak mungkin sektor informasi, hukum, dan politik akhirnya dapat dengan cukup mudah terkuasai pula. Dan pada akhirnya kaum tersebut dapat dibimbing dan dididik sebagaimana mestinya demi perubahan mereka sendiri.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home